Penayangan bulan lalu

Jumat, 20 Oktober 2023

Berbagi Praktik Baik dan Berkolaborasi dalam Tema Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar

 



Inovasi dalam pembelajaran tidak selalu melulu action di depan siswa, tapi mengapa tidak menjadi penggerak agar guru lain mampu kreatif juga dalam Proses Belajar dan Mengajar. Disini saya memiliki ide untuk mencoba memberi tantangan kepada guru lain di Konawe Utara terutama di daerah minim akses internet, saya ingin mereka mengasah kemampuan, mengimajinasikan ide dan memaksimalkan potensi dalam mengimplementasikan TPACK.

Disini saya akan mengantar dan memberikan beberapa ide kepada guru yang akan menerapkan teknologi dalam pembelajaran. Disini pula akan diciptakan kolaborasi antara guru dengan memberikan masukan berbagi berbagai ide dalam mengimplementasikan Project Pelajar Pancasila di sekolah.

Apa itu PembaTIK ?

(Sumber : https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik)

Program peningkatan kompetensi pendidik dalam kegiatan Belajar, Mengajar dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi.

Manfaat ikut PembaTIK 2023

(Sumber : https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik)

  • Meningkatkan kompetensi literasi, implementasi, kreasi, serta berbagi dan berkolaborasi dalam lingkup TIK
  • Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
  • Berkesempatan untuk menjadi Duta Teknologi Kemendikbudristek

Linimasa PembaTIK 2023

(Sumber : https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik)


Level 4 PembaTIK 2023

Level 4 dalam PembaTIK adalah Berbagi dan Berkolaborasi yang menjadi tugas utama Sahabat Teknologi. Peserta yang terpilih adalah telah lulus PembaTIK 2023 Level 3 dan berhak melanjutkan ke PembaTIK 2023 Level 4: Berbagi dan Berkolaborasi yang diinformasikan melalui pemberitahuan email dari Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemendikbudristek. 

 

Peserta yang terpilih selanjutnya akan bergabung dalam kelas maya Google Clasroom yang diundang melalui akun belajar.id

Nama kelas maya Google Clasroom dalam PembaTIK Level 4 ini adalah Berbagi-Prov. Sulawesi Tenggara



30 Besar Peserta yang terpilih dari 13 Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara selanjutnya disematkan dengan nama Sahabat Teknologi Kemdikbudristek Sulawesi Tenggara 2023


 
30 Sahabat Teknologi Kemdikbudristek Sulawesi Tenggara 2023 akan dibimbing dalam Kelas Maya Google Clasroom : Berbagi-Prov. Sulawesi Tenggara oleh 5 Duta Teknologi Sulawesi Tenggara yaitu :

Duta Teknologi Kemdikbudristek Sulawesi Tenggara

2017

Paruddin/Oji

2018

Irma Lismayani / Kapten Belajar id Sulawesi Tenggara

2020

Sovya Nur Kartika

2021

Lia Nur Isnaini

2022

Nardis



Dalam Kelas Maya Google Clasroom : Berbagi-Prov. Sulawesi Tenggara telah disediakan Modul yang wajib dipelajari oleh Sahabat Teknologi. 

Setelah mempelajari Modul, Sahabat Teknologi akan menyelesaikan tantangan Level 4 Berbagi dan Berkolaborasi melalui penyelesaian Tugas Akhir dengan memperhatikan Ketentuan Umum dan Khusus dengan tenggat Waktu pengumpulan Tugas adalah Rabu, 25 Oktober 2023.

Sahabat Teknologi juga wajib bergabung dalam Grup Whatsapp dan Grup Telegram untuk berbagi informasi terkait pelaksanaan Level 4 PembaTIK 2023








Linimasa - Level 4 PembaTIK 2023

Perjalanan dalam Level 4 PembaTIK 2023 akan dijelaskan dalam linimasa berikut : 

Senin, 9 Oktober 2023

Sahabat Teknologi Kemdikbudristek Sulawesi Tenggara wajib mengikuti Kuliah Umum pada Hari Senin, 9 Oktober 2023. Surat dan Ketentuan pelaksanaan telah dibagikan oleh Mentor/Duta Teknologi Sulawesi Tenggara dalam Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023



 

Pelaksanaan Webinar Kuliah Umum PembaTIK 2023 Level 4  pada Pukul 13.00 - 17.00 WIB atau 14.00 - 18.00 WITA. Hadir secara daring melalui tautan zoom.



Kuliah Umum menghadirkan Narasumber dan Moderator sebagai berikut :

Narasumber

Ir. Suharti, M.A., Ph.D.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek

Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.

Dirjen GTK Kemendikbudristek

Kepala Pusdatin Kemendikbudristek

Dr. M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si.

Kepala Balai Layanan Platform Teknologi

Wibowo Mukti, M.Si

Founder Nyalanesia

Lenang Manggala

Dosen Universitas Negeri Jakarta

Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd

Konten Kreator

Sherly Annavita Rahmi

Duta Teknologi Banten 2021

Epi Suhaepi

Moderator

Duta Teknologi Maluku 2019

Kajuliven Wattimena

Duta Teknologi Jawa Barat 2022

Rolla Fardila

Duta Teknologi Yogyakarta 2022

Rini Sri Lestari

Duta Teknologi Bali 2022

I Made Agus Saputrayasa

Duta Teknologi Bengkulu 2022

Meydia Afrina

Duta Teknologi Jambi 2022

Rahmat Hidayat

Kuliah Umum yang dilaksanakan sangat menginspirasi dengan menghadirkan Narasumber yang hebat dan terbaik sesuai bidangnya.

 





(Sumber : Pribadi)
(Sumber : Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023)

(Sumber : Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023)

(Sumber : Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023)

(Sumber : Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023)

(Sumber : Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023)

Selasa, 10 Oktober 2023

Pada hari Selasa, 10 Oktober 2023 Pukul 20.00 WITA s.d Selesai, dilaksanakan Persiapan Sesi Sinkronus via Google Meet yang akan dilaksanakan pada hari Jum'at, 13 Oktober 2023, Pukul 19.30 s.d Selesai.

Jum'at, 13 Oktober 2023

Pada hari Jum'at, 13 Oktober 2023 Pukul 19.30 WITA s.d Selesai, dilaksanakan Sesi Sinkronus via Google Meet. 

Sesi Sinkronus diumumkan melalui Google Clasroom (GCR) Berbagi-Prov. Sulawesi Tenggara dan melalui Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023


 



Sesi Sinkronus diawali dengan perkenalan Sahabat Teknologi dan Duta Teknologi.

(Sumber : Pribadi)

Setelah perkenalan selesai, masing-masing Duta Teknologi membuat kelompok beranggotakan 6 Sahabat Teknologi dalam sesi sinkronus dimana dilakukan bimbingan secara khusus dan melakukan koreksi pada paparan Action Plan yang di presentasikan oleh Sahabat Teknologi

KERJA KELOMPOK 5

(Sumber : Pribadi)

(Sumber : Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023)

Paparan Action Plan yang saya presentasikan dalam Sesi Sinkronus Kerja Kelompok 5 sebagai berikut.

 

Sesi Sinkronus yang sangat seru disayangkan harus berakhir pada pukul 11.47 WITA diakhiri dengan Foto Bersama Sahabat Teknologi dan Duta Teknologi Sulawesi Tenggara

(Sumber : Pribadi)

 Sabtu, 14 Oktober 2023

Pada Sabtu, 14 Oktober 2023 telah dibagikan dalam Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023 mengenai penentuan Tim Kelompok Webinar Wajib

Google Sheets tersebut diisi oleh Sahabat Teknologi menyesuaikan kesiapan jadwal tampil.

Link :

(Sumber : Grup Whatsapp Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara 2023) 

Dalam Google sheets berisi daftar nama beserta kelompok yang terbagi dalam 10 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 3 Sahabat Teknologi yang akan melakukan Kolaborasi. Selanjutnya disebut Kelompok Kolaborasi Sahabat Teknologi Prov. Sulawesi Tenggara 2023. 

Kelompok 8, Jum'at, 20 Oktober 2023

 


Dalam Kelompok 8, kami membuat Grup Whatsapp untuk membahas lebih jauh tentang persiapan presentasi Praktik Baik sebagai Narasumber dalam Webinar terjadwal Jum'at, 20 Oktober 2023

 


Minggu, 15 Oktober 2023

Minggu, 15 Oktober 2023 setiap kelompok wajib mengirimkan detail webinar untuk di jadwalkan dalam Komunitas Belajar Platform Merdeka Mengajar. Komunitas Belajar ini bernama Sahabat PembaTIK Sulawesi Tenggara


 Komunitas Belajar Sahabat PembaTIK Sulawesi Tenggara dapat diakses melalui Menu Komunitas di tampilan awal aplikasi PMM.

Setelah memilih menu komunitas, Bapak/Ibu Guru akan di arahkan ke menu selanjutnya, lalu sekali lagi klik Komunitas seperti yang dilingkari pada gambar dibawah ini.

Setelah memilih menu komunitas, Bapak/Ibu Guru memilih menu "Pilih Provinsi" seperti yang dilingkari pada gambar dibawah ini.
Setelah itu, Bapak/Ibu Guru menscroll dan memilih sesuai Provinsi tempat Bapak/Ibu Guru berdomisili, dalam hal ini saya berada di Sulawesi Tenggara, lalu klik terapkan seperti yang dilingkari pada gambar dibawah ini.
Ketikkan "Sahabat pembatik" di kolom pencarian lalu tekan gambar kaca pembesar disamping kolom. Jika langkah dilakukan benar, Bapak/Ibu Guru akan mendapatkan hasil pencarian yang sesuai. Klik lihat pada Komunitas terpilih.
Bapak/Ibu Guru akan masuk ke Detail Komunitas lalu klik Ikuti.


Bapak/Ibu Guru juga dapat mengklik tautan berikut untuk bergabung secara langsung

 

Bapak/Ibu juga dapat melihat rangkuman informasi kegiatan pembatik, Informasi komunitas Sahabat PembaTIK Sultra, dan Informasi Media Sosial Sahabat PembaTIK Sultra


Setiap Webinar Berbagi dan Berkolaborasi wajib di publikasikan melalui Komunitas Belajar Sahabat PembaTIK Sulawesi Tenggara yang dikelola oleh Penggerak Komunitas.


 

Senin, 16 Oktober 2023

Senin, 16 Oktober 2023 Kelompok 8 telah mempersiapkan kebutuhan dalam webinar, sebagai berikut :

Flyer


 

 Detail Flyer :

Salah satu tantangan nyata dalam dunia pendidikan pada saat ini adalah tuntutan bagi guru agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi modern yang semakin canggih. Terutama dalam hal mendesain pembelajaran inovatif yang menarik bagi peserta didik. 

Kolaborasi sahabat teknologi mengundang Bapak/Ibu dalam "Webinar Berbagi Praktik Baik : Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK”  pada:

------------------------------------------------

Hari, tanggal : Jum’at, 20 Oktober 2023

Pukul : 19.30 – 21.30 WITA

Link

https://bit.ly/praktikbaikpembatik

------------------------------------------------

Keynote speaker

Irma Lismayani, S.Pd., M.Pd - Duta Teknologi Prov, Sulawesi Tenggara

Narasumber

  • Rio Eko Wiryanto, S.Pd.
  • Sri Wulandari Idris, S.Pd.
  • Jumiati, S.T.

Moderator

Wahyu Caesar Ramadhan, S.Kom

Bersiaplah menjadi bagian dari perubahan yang positif dalam dunia pendidikan.

Sinkronus Pembatik Level 4

#pembatik2023
#level4sultra
#sahabatteknologikemendikbudristek
#sahabatteknologi
#dutateknologi
#pusdatinkemdikbudristek

 

Pengantar Kegiatan Berbagi Praktik Baik PembaTIK Level 4 Tahun 2023

Menindaklanjuti pengumuman peserta yang berhasil lolos sebagai peserta PembaTIK 2023 Level 4: Berbagi dan berkolaborasi, salah satu penugasan yang diberikan pada peserta adalah berbagi praktik baik penerapan model pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan platform teknologi. Kegiatan dapat dilaksanakan secara tatap maya maupun tatap muka apabila memungkinkan.

Sehubungan dengan hal tersebut;

1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

3. Kepala Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan

4. Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan

5. Kepala Balai Besar Guru Penggerak

6. Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan

7. Kepala Balai Guru Penggerak

Di seluruh Indonesia, memberi dukungan dalam pelaksanaan tugas berbagi praktik baik peserta PembaTIK Level 4.

 

Background Webinar


 

Kamis, 19 Oktober 2023

Kamis, 19 Oktober 2023 masing-masing Sahabat Teknologi membagikan detail Webinar ke Media Sosial yang dimiliki baik secara Grup maupun per individu.

Individu 

 









 Grup

 





Jum'at, 20 Oktober 2023

Jum'at, 20 Oktober 2023 Pukul 19.30 WITA dilaksanakan Webinar Berbagi Praktik Baik : Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK. Webinar dipandu oleh Moderator "Wahyu Caesar Ramadhan/PembaTIK Level 3" dan dibuka secara resmi oleh Keynote Speaker "Irma Lismayani/Duta Teknologi 2018". Selanjutnya Sahabat Teknologi sebagai Narasumber dalam Webinar akan mempresentasikan Praktik Baik dalam memanfaatkan Teknologi dalam pembelajaran.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya


 Keynote Speaker : Irma Lismayani


 Narasumber 1 : Rio Eko Wiryanto
  Materi Presentasi bisa di lihat pada Google Slide berikut
 

Narasumber 2 : Sri Wulandari Idris

Narasumber 3 : Jumiati

Penutup

Daftar Hadir dan Refleksi
Jumlah Insight penonton Webinar pada hari Jum'at, 20 Oktober 2023 adalah berjumlah 50 orang, Namun daftar isi yang dibagikan melalui Google Form hanya diisi 40 orang saja.

 

Tayangan Webinar Jum'at 20 Oktober 2023

Bapak/Ibu guru bisa menyaksikan tayangan rekaman webinar pada hari Jum'at, 20 Oktober 2023, tak lupa untuk di Like, Komentar, dan Subscribe


 

 

 

Penutup - Level 4 PembaTIK 2023 

  Sahabat Teknologi Kemendikbudristek Sulawesi Tenggara 2023 dapat melanjutkan Sesi Berbagi dan Kolaborasi diluar dari ketentuan jadwal Webinar wajib. Sahabat Teknologi dapat berkolaborasi lintas kabupaten hingga provinsi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia baik dalam bentuk daring (Webinar) maupun Luring/tatap muka. Secara keseluruhan kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi dituangkan dalam blog ini beserta Video dokumentasi pendukung sebagai Syarat ketentuan khusus yang harus dipenuhi.
    Terima kasih untuk Kemendikbudristek telah mencanangkan Program Kegiatan PembaTIK di Tahun 2023 ini. Berkat kehadiran PembaTIK banyak talenta-talenta guru melek teknologi menunjukkan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas hingga akhir. Bapak/Ibu guru Sahabat Teknologi yang nantinya terpilih sebagai Duta Teknologi diharapkan agar tidak hanya berbagi dan berkolaborasi dalam tujuan menuntaskan tugas Level 4, namun dapat menerapkan esensi berbagi yang nyata, ikhlas berbagi dimanapun dan kapanpun, baik pertanyaan di Media Sosial maupun secara langsung. 

 

 






BONUS!!! 

πŸ˜‡Perjalanan Mencari Ide

Jum’at 13 Oktober 2023, mencari ide itu sulit, dibarengi dengan kegiatan lain yang menuntut deadline juga, keinginan seperti ingin duduk santai fokus merancang konsep agak sulit dilakukan karena terbayang pekerjaan lain. Kadang berpikir meminta bantuan tapi sayangnya itu tidak sesuai dengan keinginan kita, tidak seirama, tidak se frekuensi. Kesimpulan nya semua harus saya tuntaskan di level ini.

Sekolah asal saya adalah SD Negeri 8 Oheo, namun saya berencana kembali melakukan video modelling di SD Negeri 5 Andowia pada Sasaran kelas 4. Mengapa saya memilih sekolah lain dibanding sekolah saya ? SD Negeri 5 Andowia memiliki dukungan fasilitas, infrastruktur, siswa, dan lingkungan yang memadai sehingga sangat cocok sebagai model dalam penerapan pembelajaran berbasis teknologi.

Di tahapan saat ini saya masih mengumpulkan ide konsep pembelajaran apa yang akan saya inovasikan di aksi nanti

☝Planning yang saya rencanakan

-       Bertemu Kepala Sekolah

-       Menyampaikan Tujuan

-       Survei kesiapan fasilitas

-        Merancang running kelas saat hari action

☝Peralatan yang harus di siapkan

-       Laptop

-       Printer

-       Tripod

-       Kamera HP, 2 Unit

-       Speaker dan Microphone

-       LCD Proyektor (Opsional jika tersedia)

-       Chromebook (Opsional jika tersedia)

Hal yang masih menjadi stuck di pikiran saya adalah konsep pembelajaran yang akan saya inovasikan di kelas nanti seperti apa, untuk saat ini hal yang saya bayangkan adalah melakukan ice breaking dengan kahoot, dimana siswa menggunakan chromebook sebagai alat untuk menjawab.

------------------------------------------------------------------------

Berikut Tabel Konsep yang rencana nya akan saya aktualisasi

Kelas : 4

Alokasi Waktu nyata : 90 Menit

Model Pembelajaran : Pembelajaran Aktif (Active Learning)

No.

Tahapan

Keterangan

1.

Asesmen Diagnostik (pre test)

Observasi, Pertanyaan singkat, Chromebook, Mentimeter

2.

Ice Breaking awal

Menyesuaikan

3.

Materi

Media belajar yang telah disiapkan dan diakses melalui chromebook

4.

Apakah berdiferensiasi?

Menyesuaikan

5.

Ice Breaking tengah

Menyesuaikan (Chromebook, Kahoot)

6.

Umpan Balik

Menyesuaikan

7.

Refleksi Pembelajaran

Menyesuaikan

8.

Kesimpulan

Menyesuaikan


πŸ‘‹Akhir Perjalanan Mencari Ide (Sesi Sinkronus bersama Mentor) 

Jum’at malam ini 13 oktober 2023 dilakukan sesi sinkronus oleh para mentor/duta, untuk menjelaskan ketentuan umum dan khusus dalam menyelesaikan tugas.



Hasil Catatan singkat dalam sesi sinkronus sebagai berikut :

 πŸ’ͺ

Jumlah Calon Duta adalah 30 Orang berasal dari berbagai kabupaten di Prov. Sulawesi Tenggara

 πŸ‘Œ

Calon Duta akan di bagi menjadi 10 kelompok Webinar

 πŸ‘Œ

Setiap kelompok webinar beranggotakan maksimal 3 orang calon duta, 1 Keynote Speaker, 1 Moderator

 πŸ‘

Setiap kelompok Webinar membuat flyer

 πŸ‘Œ

Waktu pelaksanaan webinar adalah 17 s.d 21 Oktober 2023

 πŸ‘‰

Kelompok Webinar memilih waktu sesi siang atau sesi malam

 πŸ‘

Jadwal Webinar setiap kelompok akan di posting admin komunitas belajar Sahabat Pembatik Sulawesi Tenggara

 πŸ‘

Urutan pelaksanaan webinar yaitu moderator Γ  keynote (Duta atau Kepala Dinas) Γ  Presentase Calon Duta Γ  Sesi tanya jawab Γ  Penutup

 πŸ‘Œ

Dalam Webinar setiap calon duta menceritakan action atau praktik baik dalam menerapkan sebuah model pembelajaran berpusat siswa

 πŸ‘

Diharapkan peserta melakukan berbagi luring selain dalam webinar daring


Aspek Penilaian yang menjadi dasar penilaian dalam tugas akhir pembaTIK Level 4 ini adalah Asas Manfaat, Kreatifitas, dan Teknis.


------------------------------------------------------------------------

Inti dari Level 4 ini adalah Berbagi dan Berkolaborasi bisa menggunakan video implementasi pada level 2

Akhir Pencarian IDE,,,!!!! πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“Terima Kasih Mentor

-----------------------------------------------------------------------

Hasil Sinkronus Jum’at, 13 Oktober 2023

  • Penjelasan Teknis tugas
  • Fokus pada berbagi dan berkolaborasi baik secara luring maupun daring
  • Kita berbagi praktik baik yang telah dilakukan
  • Semua kegiatan di tuangkan dalam Blog dan dibuatkan dokumentasi nya dalam bentuk Video
πŸ’Praktik Baik - Hasil Implementasi (Level 2)

Pada Level 2 PembaTIK, saya sebelum nya telah melakukan implementasi penerapan teknologi dalam pembelajaran. Sesuai saran mentor untuk mengefisienkan waktu, hasil implementasi ini cukup dikembangkan saja tanpa mempraktikkan ulang.

------------------------------------------------------------------------

Mohon untuk tidak terdistraksi dengan postingan perjalanan ide saya sebelumnya yang berada dalam masa kegalauan 😁😁😁

------------------------------------------------------------------------------------------------

Metode Pembelajaran yang saya terapkan dalam Implementasi tersebut terdiri dari 2 yaitu; (a) Pembelajaran Berpusat pada Diskusi (Discussion-Based Learning) dimana dalam Pembelajaran ini melibatkan diskusi aktif di antara siswa, mereka berbagi pandangan dan pemahaman mereka tentang topik tertentu. Guru berperan sebagai fasilitator; (b) Pembelajaran Aktif (Active Learning) dimana siswa terlibat dalam aktivitas fisik atau kognitif yang memerlukan partisipasi aktif, seperti percakapan, simulasi, permainan peran, dan eksperimen.

Judul ini tidak saya masukkan dalam judul Praktik Baik, meninjau target Audience saya adalah guru yang benar-benar basic dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Aku berinisiatif membuat judul Praktik Baik yang sederhana, menarik, dan tidak menjadi beban sebelum di terapkan dan itulah PRETI (Prepare And Action).


PRETI Menginspirasi!!! 


8 komentar:

  1. Mohon dukungan nya masih dalam tahap pengembangan

    BalasHapus
  2. program pembatik ini sangat bermanfaat karena memberikan wadah bagi para guru dan siswa untuk saling belajar, bertemu, saling kenal, saling berbagi dan membangun komunitas untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

    BalasHapus
  3. Sesuai dengan tema PembaTIK yang diterapkan di Sekolah Dasar sangat tepat apalagi di wilayah Konawe Utara belum sepenuhnya mendapatkan jaringan internet. oleh karena itu, sesuai dengan judul PRETI (Prefare And Action) merupakan suatu pembelajaran yang dapat membuka wawasan pada peserta didik dalam menerima materi. Hal ini sesuai dengan Program pembelajaran Platform Merdeka Mengajar di kelas dengan membangun komunitas terpadu.

    BalasHapus
  4. Sangat terinspirasi program pembatik ini yang dapat menjadikan guru profesional yang mampu menguasai IT dalam pembelajaran, sebagai seorang guru harus mampu mengajar sekaligus berkarya untuk terus melakukan inovasi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka dengan mengedepankan pemanfaatan platform teknologi. Terus berkarya demi masa depan generasi bangsa, saya tahu persisi bahwa Kab. Konawe Utara tidak sepenuhnya didukung oleh sarana terutama jaringan internet akan tetapi strategi dan upaya yang dilakukan oleh guru-guru hebat Konawe Utara pasti ada solusi untuk terus berkarya. salam guru hebat karyamu ditunggu menjadi bagian agen tranformasi pendidikan di Indonesia dan Konawe Utara pada khusunya

    BalasHapus
  5. Terus berkarya guru hebat Konawe Utara, sampai pada level ini merupakan pencapaian yang luar biasa sebagai suatu inpirasi bagi guru lain untuk terus berkarya dan berinovasi dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengimplementasikan teknologi kedalam proses pembelajaran yang berorientasi pada keberpihakan pada murid dan memahami karakteristik yang berbede-beda sehinnga jiwa kemerdekaan pada murid dapat terakomodir untuk belajar yang lebih menyenangkan. salam suskes

    BalasHapus
  6. Sangat lengkap dan rapih. Keren Bapak guru hebat dari kabupaten Konawe Utara ini.. Semoga selalu berkarya dan berbagi dan senantiasa menjadi inspirasi.. aamiin.. sukses selalu pak

    BalasHapus